Rabu, 01 Mei 2013

Microsoft Access memiliki salah satu keunggulan yang mana banyak dari beberapa developer yang tidak mengetahui. Kita dapat membuat MS.Access menjadi sebuah executable file dan sejak realeasenya Microsoft Office 2007 kita dapat membuat sebuah aplikasi dari Microsoft Access tanpa harus melakukan installasi aplikasi Microsoft Office/Microsoft Access.

Yang akan kita bahas kali ini adalah kita menggunakan Microsoft Access versi dari MS.OFFICE 2007 hingga yang versi terbaru MS.OFFICE 2013, akan tetapi untuk MS.OFFICE 2013 akan ada penjelasan lagi mengingat versi ini masih sangat baru.

Sekarang adalah saatnya diuji coba dan dioptimalkan aplikasi yang telah Anda buat, Anda siap untuk mengkompilasi dan mendistribusikan aplikasi ke USER. Anda memiliki berbagai pilihan distribusi, seperti penyebaran database untuk USER dengan versi full-blown Access, mendistribusikan aplikasi menggunakan runtime Access, dan mendistribusikan file ACCDE.

Tips: Sebelum mendistribusikan aplikasi Anda, terlebih dahulu Anda harus mengkompilasi aplikasi yang telah anda buat. Anda tidak ingin USER  berurusan dengan kesalahan kompilator yang bisa dihindari dengan menyusun sebelum ditempatkan pada folder yang kita inginkan. Kompilasi juga akan membantu aplikasi berjalan lebih cepat.

Apa itu file ACCDE ?
sebelum membahas lebih lanjut saya akan bahas terlebih dahulu apa itu file ACCDE
Sebuah ACCDE adalah file database dikompilasi dan dipadatkan yang memiliki semua source code yang dapat  diedit dihapus. Karena source code dihapus, keamanan (security) tambahan disediakan untuk aplikasi anda. Selanjutnya, karena kode ini dihapus, ukuran aplikasi lebih kecil dan dengan demikian kinerjanya yang ditingkatkan. Karena keterbatasan file ACCDE, Anda harus menjaga database asli ACCDB dengan source code sehingga Anda akan dapat membuat perubahan nantinya jika diperlukan.
Mendistribusikan Aplikasi dengan Access Runtime
Jika Anda memiliki USER yang tidak memiliki Ms. Access, Anda dapat mendistribusikan aplikasi untuk mereka menggunakan runtime Access. Runtime adalah versi Access dengan fitur  yang memiliki keterbatasan antara lain sebagai berikut:

  • Anda tidak dapat melihat atau memodifikasi desain objek.
  • Jendela database tersembunyi.
  • Built-in toolbar dan beberapa item menu tidak didukung, sehingga Anda mungkin harus membuat menu Anda sendiri di aplikasi Anda.
  • Beberapa key yang dinonaktifkan.
Anda dapat membuat program setup menggunakan Wizard yang memungkinkan Anda untuk mendistribusikan aplikasi  yang dikemas sekaligus dengan Access runtime. Agar dapat  menggunakan Wizard, pertama Anda harus memiliki Office Access 2010 Access Developer Extensions terinstall dan terintegrasi dengan Ms Access 2010. Hal ini bisa di Download di Link Microsoft:
Microsoft Access 2010 Runtime
Microsoft Access 2010 Source Code Control
Access 2007 Download: Access Runtime
Access 2007 Download: Access Developer Extensions

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!