Selasa, 30 April 2013

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara fungsi Macro dan VBA.
Yang kali ini saya akan memberikan ulasan terkait tentang Macro dan VBA

Apa itu Macro ?

Macro adalah sebuah bahasa script pada sebuah aplikasi (tidak hanya pada MS.Office akan tetapi untuk semua aplikasi yang terkait) untuk membuat otomatisasi. Script tersebut akan memerintahkan pekerjaan yang sama untuk dikerjakan berulang-ulang.
Perlu diketahui juga, bahwa fungsi Macro tidak hanya menjalankan script, akan tetai fungsi macro juga dapat digunakan untuk merekan aktifitas pada keyboard dan mouse. Dan pengguna cukup menjalankan script tersebut untuk menjalankan aktifitas yang sama.

Apa itu VBA ?

Visual Basic for Application adalah turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic milik Microsoft. Namun berbeda dengan Visual Basic yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi stand alone (berdiri sendiri), maka VBA memang didesign untuk menumpang pada sebuah inang, dan VBA tersebut berjalan diatas inang tersebut.
Kesimpulannya, VBA berjalan diatas MS.OFFICE dan VBA merupakan turunan dari bahasa Visual Basic.

Untuk versi sekarang ini VBA memang tetap berjalan di atas MS.OFFICE akan tetapi sejak diluncurkan MS.OFFICE 2007 kita dapat membuat sebuah executable file dan tanpa melakukan Installasi MS.OFFICE kita juga sudah dapat menjalankan aplikasi yang kita buat menggunakan VBA.

Tips : Saya akan sekedar berbagi untuk masalah Macro dan VBA, apabila kita sudah pernah melakukan aktifitas pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic secara otomatis kita juga dapat melakukan pemrograman dengan menggunakan bahasa VBA, begitu pula sebaliknya. Dan bagi pemula jangan menggunakan Macro untuk melakukan aktifitas pemrograman karena nantinya kita akan kesulitan dalam melakukan pemrograman menggunakan bahasa Visual Basic maupun VBA, sebab selama ini apabila kita menggunakan macro kita tidak akan bisa mengasah logika pemrograman kita. :)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!