Selasa, 08 Januari 2013


Apa itu SQL Data Sync ?
SQL Azure Data Sync dibangun diatas Microsoft Sync Framework, dengan SQL Data Sync kita dimudahkan untuk membuat dan menjadwalkan singkronisasi dua arah tanpa coding. SQL Data Sync sebuah webservice yang mendukung singkronisasi terhadap Windows Azure SQL Database dengan SQL Server, dapat di customize sesuai dengan keperluan bisnis.
Dapat di customize seperti apa ?
Memilih database dan table yang akan disingkronisasikan secara bersamaaan, mendefinisikan kolom yang akan disingkronisasikan, menggunakan fasilitas filter terhadap data yang akan di singkronisasikan, menentukan arah singkronisasi (satu arah atau dua arah), dan bagaimana cara SQL Data Sync menanggapi konflik data perubahan pada data.
Kelebihan dalam menggunakan SQL Azure Data Sync ?
Tidak perlu lagi coding untuk singkronisasi data, dimana pun database berada. Berkolaporasi dengan infrastructure cloud, yang memberikan kemudahan kita agar tidak lagi mengelola infra sendiri (terutama terhadap Cloud Azure).
Bagaimana dengan Keamanannya ? SQL Data Sync menggunakan encryption terhadap seluruh data yang disimpan dan koneksifitas. Proses Authentication dengan menggunakan Windows user security, cloud authentication unique agent key, sql server database authentication, cloud certificate, dan Windows Live ID. (Detilnya)
Database yang didukung oleh SQL Data Sync adalah SQL Server 2005 SP3, dan Versi SQL Server diatasnya, Update terbaru 5 Juni 2012 SQL Data Sync mampu mengsingkronisasikan spatial data (geometry/geography) dan kemampuan untuk mengcancel task.
Tipe Singkronisasi atau disebut dengan Conflict Resolution pada SQL Data Sync, Bagaimana cara kerjanya ?
Ada dua conflict resolution, yaitu Hub Wins and Client Wins. Hub Winsperubahan data pertama pada baris #1 yang sama akan ditulis ke Hub, lalu perubahan data kedua pada baris #1 akan diabaikan setelah proses penyimpanan pada hub selesai, barulah hub akan menulis perubahan tersebut. (Dengan kata lain Hub Wins akan menerima perubahan pertama dan menolak perubahan ke 2 secara bersamaan). Lain hal dengan Client Hub jika terjadi #dua perubahan pada baris yang sama, maka perubahan yang akan digunakan adalah yang terakhir (perubahan ke #2 yang akan digunakan).
Bagaimana memulai mempergunakan SQL Data Sync ?
Syarat untuk mencoba SQL Data Sync harus memiliki :
  • SQL Server 2005 SP2
  • Windows Azure Account Subscription
  • OS Windows 7, Vista, Server 2008 dan OS diatasnya.
Untuk senjata/perangkatnya dapat menuju link (SQL Data Sync Agent Preview). Jangan lupa juga untuk menginstall SQL Server CLR TypeSQL Server SMOdan NET 4.0
Sebelum memulai kita perlu tahu langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan ? Dapat dilihat pada flowchart dibawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!